Friday, October 23, 2015

Indikator Kompetensi Guru atau Dosen


Dari sejumlah pendapat beberapa ahli tentang kompetensi guru, penulis mengintisarikan kompetensi guru pada kompetensi guru yang berlaku secara nasional berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, seperti sebagai tergambarkan pada tabel berikut ini:
No
Indikator
Sub Indikator
1
Kompetensi Pedagogik
1.       Menguasai karakteristik peserta didik dai aspek fisik, moral, spiritual, sosial, cultural, emosiaonal dan intelektual.
2.       Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
3.       Mengembangkan kurikulum terkaik mata pelajaran atau mata kuliah yang diampu.
4.       Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
5.       Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
6.       Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
7.       Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
8.       Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
9.       Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
10.   Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
2
Kompetensi Kepribadian
1.       Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
2.       Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
3.       Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
4.       Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
5.       Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
3
Kompetensi Sosial
1.       Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
2.       Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesame pendidik, tenaga kependidikan,orang tua, dan masyarakat.
3.       Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
4.       Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.
4
Kompetensi Profesional
1.       Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
2.       Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
3.       Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
4.       Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
5.       Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.


No comments:

Post a Comment