Friday, October 23, 2015

Kemampuan Kerja


Menurut Gibson, Ivancevich dan Donnely (2004, 54)
“Kemampuan kerja didefinisikan sebagai suatu sifat yang dibawa dari lahir atau dipelajari yang memungkinkan seseorang menyelesaikan pekerjaannya”.
Menurut Robbins (2001) "Kemampuan (ability) adalah suatu kapasitas individu untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan. Seluruh kemampuan seorang individu pada hakekatnya tersusun dari dua perangkat faktor yaitu faktor kemampuan intelektual dan kemampuan fisik”.
Menurut Thoha (1996, 32), “Manusia berbeda perilakunya karena berbeda kemampuannya, ada yang beranggapan perbedaan kemampuan disebabkan sejak lahir, adapula yang beranggapan karena perbedaan menyerap informasi dari suatu gejala dan adapula yang beranggapan karena kombinasi keduanya”. Oleh karenanya kecerdasan merupakan salah satu perwujudan dari kemampuan seseorang. Lepas dari setuju atau tidak setuju dari perbedaan-perbedaan tersebut, ternyata bahwa kemampuan seseorang dapat membedakan perilakunya dan karena perbedaan kemampuannya ini maka dapat kiranya dipergunakan untuk memprediksi pelaksanaan dan hasil kerja seseorang yang bekerjasama di dalam suatu organisasi tertentu.
Menurut Timpe (2003, 111), “Profil seseorang pegawai yang produktif menekankan pada mutu dan bukan pada kuantitas”. Menambah lebih banyak pegawai, belum tentu berhasil meningkatkan produktifitas. Sebelum mempekerjakan orang baru seharusnya dipastikan dahulu bahwa yang ada sekarang sudah memiliki kinerja menurut kemampuan mereka dan sesuai dengan harapan. Gambaran kualifikasi pegawai yang berkemampuan kerja adalah:
-          Cerdas dan dapat belajar dengan cepat
-          Kompetensi secara profesional/teknis.
-          Kreatif dan Inovatif (memperbaiki hasil kerja).
-          Memahami pekerjaan.
-          Bekerja dengan efisien.
-          Dianggap bernilai oleh pengawasnya.
-          Mau menerima kritik yang konstruktif.
-          Mudah menerima ide-ide.
-          Berupaya memanfaatkan peluang.
-          Berupaya meningkatkan kualitas diri.




No comments:

Post a Comment