Friday, October 23, 2015

Lokasi Proyek


Lokasi proyek merupakan salah satau aspek teknis dalam perencanaan atau studi kelayakan proyek yang harus dikaji. Pengkajian aspek teknis dalam studi kelayakan dimaksudkan untuk memberi batasangaris besar parameter-parameter teknis yang berkaitan dengan perwujudan fisik proyek.
Pengkajian aspek teknis berhubungan dengan aspek-aspek lain, terutama aspek ekonomi, finansial dan pasar. Hubungan erat disini diartikan saling memberi masukan dan keputusan mengenai aspek yang satu tergantung bagaimana dampaknya terhadap aspek yang lainnya dan sebaliknya. Aspek teknis memiliki pengaruh besar terhadap perkiraan biaya dan jadwal karena akan memberikan batasan-batasan lingkup proyek secara kuantitatif (Soeharto,2002,p43).
Menurut Soeharto,(2002,p43), karena sifatnya yang strategis maka penilaian lokasi harus didasarkan pengkajian yang seksama yang berkaitan dengan unit ekonomi dari instalasi spesifik yang hendak dibangun, baik dari segi teknis konstruksi seperti keadaan tanah, iklim, gempa bumi maupun kelangsungan operasi dan produksi di masa depan. Sementara itu, dari waktu ke waktu muncul faktor-faktor baru yang mempengaruhi pertimbangan, misalnya adanya perhatian yang semakin besar dan peraturan bertambah ketat dalam masalah lingkungan hidup.
Langkah-langkah yang digunakan dalam pemilihan lokasi adalah sebagai berikut:
         Identifikasi daerah/regional.
Disini dipertimbangkan garis besar faktor seperti dekat daerah pemasaran, tersedianya bahan baku dan tenaga kerja. Juga faktor iklim dan gempa bumi perlu diperhatikan dalam mengidentifikasi calon daerah tempat membangun proyek.
         Lokasi/ site
Mempersempit daerah pemilihan yaitu menentukan lokasi yang pasti di dalam daerah yagn telah dianggap telah memenuhi syarat. Diteliti lebih jauh faktor-faktor tersedianya tanah, topografi dan kondisi lingkungan.
         Faktor penunjang/pendukung.
Dalam memilih lokasi, perlu diperhatikan pula faktor penunjang sepeti utility, infrastruktur dan fasilitas pelayanan umum.

         Beberapa faktor lain yang juga perlu diperhatikan dalam memilih lokasi adalah sikap proyek investasi, masalah lingkungan hidup dan peraturan yang mendukung seperti pajak, perburuhan dan bea masuk.

No comments:

Post a Comment