Wednesday, October 21, 2015

Pengukuran Dalam Self Monitoring

Dalam penelitian ini akan menggunakan pengukuran self monitoring berdasarkan Briggs dan  Cheek (1986).  Briggs dan  Cheek telah menyempurnakan pendapat Snyder (1974) maupun Lennox dan  Wolfe (1984) mengenai komponen self monitoring. Briggs dan Cheek menyatakan bahwa pendapat para pendahulunya tersebut kurang dapat digunakan untuk mengukur secara individual. Ketiga komponen self monitoring yang dikemukakan oleh Briggs dan  Cheek adalah sebagai berikut:
a.    Expressive self control, yaitu berhubungan dengan kemampuan untuk secara aktif mengontrol tingkah lakunya. Individu yang mempunyai self monitoring tinggi suka mengontrol tingkah lakunya agar terlihat baik. Adapun ciri-cirinyaadalah sebagai berikut:
1.    Acting, termasuk didalamnya kemampuan untuk bersandiwara, berpura-pura,dan melakukan kontrol ekspresi baik secara verbal maupun non verbal serta kontrol emosi.
2.    Entertaining, yaitu menjadi penyegar suasana.
3.    Berbicara di depan umum secara spontan.
b.     Social Stage Presence, yaitu kemampuan untuk bertingkah laku yang sesuai dengan situasi yang dihadapi, kemampuan untuk mengubah-ubah tingkah laku dan kemampuan untuk menarik perhatian sosial. Ciri-cirinya adalah:
1)            Ingin tampil menonjol atau menjadi pusat perhatian.
2)            Suka melucu.
3)            Suka menilai kemudian memprediksi secara tepat pada suatu perilaku yang belum jelas.
c.    Other directed self present, yaitu kemampuan untuk memainkan peran seperti apa yang diharapkan oleh orang lain dalam suatu situasi sosial, kemampuan untuk menyenangkan orang lain dan kemampuan untuk tanggap terhadap situasi yang dihadapi. Ciri-cirinya adalah:
1) Berusaha untuk menyenangkan orang lain.
2) Berusaha untuk tampil menyesuaikan diri dengan orang lain (conformity).
3) Suka menggunakan topeng untuk menutupi perasaannya.

Kemampuan individu dalam menampilkan dirinya sesuai dengan tuntutan dari lingkungan sosialnya dan sejauhmana individu mementingkan faktor-faktor eksternal maupun internal dalam berperilaku dapat dilihat melalui self monitoring.

No comments:

Post a Comment